Cari Informasi di Blog

Rabu, 03 Juli 2013

PNPM Mandiri Perdesaan OKU Selatan

 
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan merupakan salah satu program yang dibuat Pemerintah dalam rangka mengurangi dan menanggulangi kemiskinan. Terdapat beberapa Program serupa yang diadakan Pemerintah yang betujuan sama. PNPM Mandiri Perdesaan merupakan program lanjutan yang ada sejak beberapa tahun yang lalu. Di Kabupaten OKU Selatan PNPM Mandiri perdesaan sudah ada sejak Tahun 2003, pada saat itu nama programnya adalah Program Pengembangan Kecamatan. Sejak Tahun 2007 berubah nama menjadi PNPMMPd – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan.  Hingga tahun 2013 ini terdapat 10 (Sepuluh) Kecamatan yang berpartisipasi pada PNPM Mandiri Perdesaan, yaitu: Kecamatan Simpang, Kecamatan Muaradua, Kecamatan Buay Pemaca, Kecamatan Banding Agung, Kecamatan Mekakau Ilir, Kecamatan Buay Sandang Aji, Kecamatan Buay Runjung, Kecamatan Kisam Tinggi, Kecamatan Pulau Beringin dan Kecamatan Muaradua Kisam.
Pola Pembiayaan kegiatan hingga tahun 2011 adalah dengan sistem sharing antara Pemerintah Pusat melalui Dana APBN dan Pemerintah Daerah melalui Dana APBD. Besarnya sharing yang dilakukan antara Kabupaten OKU Selatan yaitu untuk dana cost Sharing / DDUB (APBD) sebesar 20 % dan untuk dana Pusat (APBN) sebesar 80 %. Sedangkan untuk tahun 2012 dan 2013 Pola Pembiayaan kegiatan dengan sistem sharing APBN 90% dan APBD 10%. 
Jumlah kecamatan PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten OKU Selatan adalah 10 (sepuluh) kecamatan yang terdiri dari 160 desa. Adapun Kecamatan yang menjadi cakupan wilayah kerja PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten OKU Selatan adalah sbb:
1.      Kecamatan Buay Pemaca (22 Desa).
2.      Kecamatan Banding Agung ( 21 Desa dan 1 Kelurahan ).
3.      Kecamatan Mekakau Ilir (15 Desa).
4.      Kecamatan Buay Sandang Aji (16 Desa).
5.      Kecamatan Buay Runjung (14 Desa).
6.      Kecamatan Kisam Tinggi (19 Desa).
7.      Kecamatan Muaradua Kisam (18 Desa).
8.      Kecamatan Pulau Beringin (13 Desa).
9.      Kecamatan Simpang (7 Desa).
10.  Kecamatan Muaradua (9 Desa dan 5 Kelurahan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar